Cara Merubah Klinik BPJS Kesehatan Dengan Mudah

bpjskesehatanku.blogspot.com - Disini saya akan memberitahu bagaimana cara mengganti atau pindah klinik BPJS kesehatan dengan mudah. Memang sebagian banyak karyawan khususnya yang baru terjun didunia kerja dan tidak tahu apa itu bpjs serta cara mengurus perubahan data BPJS kesehatan.

Sebagian karyawan juga banyak yang bukan penduduk setempat misalnya orang dari kampung seperti jawa dan sekarang bekerja di daerah jakarta dan akhirnya bertempat tinggal ngekos maupun ngontrak rumah, Hal seperti itu juga banyak yang tidak menetap alias pindah kos ataupun kontrakan karena faktor yang bermacam-macam pastinya. Untuk itu banyak karyawan yang ingin pindah klinik yang lebih dekat dari tempat tinggal barunya.

Dengan pindahnya tempat tinggal mempunyai banyak faktor seperti mutasi kerja atau pindah tempat seperti yang diatas dengan alasan lebih dekat sama tempat kerja ataupun alasan lainnya. Namun perlu di ingat, sehubungan dengan pindahnya tempat maka sebaiknya kita mengubah juga daftar klinik ataupun puskemas yang terdekat dengan tujuan transportasi lebih dekat dan sangat efisien jika berobat, karena BBM sekarang harga nya cukup mahal dan tidak murah.

Cara pindah klinik BPJS kesehatan, Cara ganti klinik, Cara merubah klinik, Cara pindah klinikCara perpindahan klinik ini juga sama seperti perubahan status misalnya yang dulunya lajang jadi menikah, menikah jadi punya anak 1, terus punya anak 2 dan seterusnya. Namun syarat perubahan data bpjs kesehatan yang lajang menjadi menikah atau punya anak yaitu membawa copy kartu BPJS, copy buku surat nikah, copy ktp suami/istri, kartu keluarga terbaru yang sudah tercantum nama istri&suami dan anak, pas foto 3x4 1 lembar termasuk suami&istri, anak.

Lantas bagaimana cara mengurus pindah klinik BPJS kesehatan atau perubahan data BPJS kesehatan?


  • Datang sendiri langsung ke kantor BPJS terdekat
  • Ambil formulir perubahan data di customer service (tidak perlu antri)
  • Isi dengan benar sesuai data
  • Isi nama klinik terbaru yang dekat dengan tempat tinggal anda saat ini.
  • Isi nama anggota keluarga baru jika sudah menikah atau mempunyai anak
  • Setelah pengisian selesai dan tanda tangan lalu serahkan formulir ke petugas BPJS
Catatan :
*) Formulir perubahan data BPJS selain diambil di kantor BPJS juga bisa didapat di internet (secara online) dengan cara mendownload di http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/unduh/index/4 

*) Jarak perubahan data adalah 3 bulan sekali, yang artinya jika baru mempunyai BPJS kesehatan, lalu mau pindah klinik maka harus nunggu 3 bulan baru bisa, begitu juga setelah pindah klinik terus mau pindah klinik/perubahan data, maka harus nunggu 3 bulan lagi dan seterusnya.

Blog, Updated at: 01.13